CAFÉ PANCAKE CERIA
Café Aneka Pancake, Pasta, Roti Bakar
dan Juice Fruits
I. RINGKASAN EKSEKUTIF (EXECUTIVE SUMAMARY)
Café Pancake
dan Pasta Ceria (CPC) dimana cita rasa khas makanan Pancake dan Pasta dikenal
sebagai makanan ringan untuk para keluarga modern. Namun, siapa sangka bila makanan
ini sebenarnya sudah dikenal sejak zaman Romawi kuno.
CPC
menawarkan pelanggan dengan jamuan hidangan makanan ringan. Pancake yang
bentuknya bundar dan tipis, biasanya dinikmati hangat menu dengan saus aneka
buah-buahan, seperti blueberry, raspberry, stroberi, atau madu, disertai
potongan butter di puncaknya. Serta Pasta Fussili yang berbentuk keriting dan
spageti. Pancake dan Pasta disajikan dengan gaya dan resep khusus dan lezat.
Selain penyajian hidangan pancake dan Pasta, CPC juga menyajikan berbagai menu
makanan lain yaitu beraneka macam rasa roti roti bakar dan pisang goreng. Serta
minuman pelengkap dan aneka macam jus buah segar dan sehat.
CPC pertama
kali dibuka di Bogor, CPC akan berada di berbagai tempat seperti mal, dan
outletnya tersebar sekitar kampus, sekolah, dan perkantoran. Meskipun banyak
hidangan ringan yang disediakan dengan beragam penyajiannya, tetapi CPC
memiliki cita rasa khas yang berbeda dan memiliki banyak peminat untuk menu
yang kami sediakan di CPC.
Peluang
membuka Café atau outlet CPC di mal dan diberbagai tempat-tempat strategis
masih sangat terbuka karena bagi masyarakat kota, hidangan makanan ringan dan
penyajian yang menarik sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat kota.
Dimana semua orang membutuhkan tempat untuk bersantai melepas penat dengan
disuguhi makanan ringan yang lezat, yang bisa dinikmati bersama keluarga,
teman-teman, serta rekan kantor. Dan CPC juga dilengkapai fasilitas wifi
sehingga bias dapat menjadi tempat yang pas untuk dikunjungi.
Elemen-elemen
utama yang ditawarkan membedakan antara CPC dengan café hidangan ringan lainnya
adalah :
· Produk yang berkualitas
· Layanan konsumen yang extra
· Lokasi yang strategis
· Fasilitas yang maksimal
· Desain dan atmosfer gerai yang cozy
dan relax.
· Cocok sebagai tempat berkumpul
keluarga.
Tahap awal
dari Rencana Bisnis ini adalah membuka café seluas 150 m², tetapi target jangka
panjang adalah meperluas cabang dengan beberapa café diseluruh wilayah
nusantara.
II. BISNIS
a. Konsep Bisnis
Café Pancake
Ceria (CPC) adalah konsep café khusus hidangan pancake yang diolah dengan
adonan yang berkualitas dan dari bahan-bahan pilihan. Cpc menawarkan menu dan
tempat yang nyaman dengan menciptakan atmosfer untuk menikmati hidangan ringan
yang lezat.
Café ini
yang akan dibuka pertama kali di Bogor dan dikembangkan di beberapa wilayah
lainnya. Konsep café ini berbeda dengan café dengan menu hidangan yang sama
lainnya. Dimana CPC menyediakan fasilitas yang maksimal dan cozy antara lain
ialah fasilitas internet dengan tempat yang pas untuk bersantai.
Rencana
jangka pendek perusahaan akan café pertama seluas 150 m² di Bogor. Rencana
jangka menengah perusahaan adalah mengembangkan cabang baru dibeberapa wilayah.
Dan jangka panjang peruahaan adalah menjadi pemimpin pasar café hidangan ringan
dengan menu utamanya pancake dan pasta.
Manajemen
perusahaan ingin menekankan bahwa peluang membuka café pancake di mal dan tempat-tempat strategis lainnya
masih sangat terbuka, hal ini karena hidangan ringan dan bertemu di café dengan
menu hidangan favorit bagi banyak orang merupakan kebiasaan dan kebutuhan.
Semua orang menyukai hidangan ringan yang lezat, manis, ataupun gurih.
Berikut ini
adalah 5 elemen utama yang ditawarkan oleh CPC yang membedakan dengan sesame
café pancake (hidangan ringan) yang ada di Indonesia :
1. Produk yang berkualitas tinggi
Café pancake
ceria didirikan untuk menyediakan hidangan ringan yang berkualitas tinggi.
Penawaran ini akan menjadi jawaban bagi kebutuhan konsumen hidangan ringan yang
lezat dan kualitas tinggi. Menu diolah dengan dengan teliti dan professional
untuk memberikan cita rasa yang berbeda dan unik serta modern dengan sajian
yang menarik. Selain itu juga, ditawarkan hidangan-hidangan pelengkap lain yang
terjamin kualitasnya.
2. Layanan Konsumen Yang Prima
Tujuan
perusahaan adalah mengembangkan layanan positif dan proaktif yang akan diterima
konsumen setiap kali mereka dating ke café CPC. Karena konsep ini adalah konsep
yang masih baru di kota-kota besar dan perusahaan mengandalkan kunjungan
kembali konsumen, maka sangatlah penting bagi perusahaan dalam membina
komunikasi yang baik terhadap pelanggan karena ini merupakan celah sukses bagi
perusahaan.
Para pegawai
mempunya peranan penting dalam hal ini. Oleh sebab itu, perusahaan menetapkan
pegawai yang direkrut adalah orang-orang yang berpenampilan menarik, ceria,
ramah, cekatan, motivasi tinggi, dan memiliki komitmen tinggi dalam melayani
konsumen. Perusahaan juga memberikan perhatian pada pelatihan, pengembangan
diri karyawan, dan kompensasi bagi hasil kerja para karyawan agar dapat
memberikan pelayanan yang prima.
3. Metode Pemasaran
Café ini
akan menerapkan strategi pemasaran yang dirancang agar para konsumen dapat mengingat
selalu café pancake caria ini dengan cara memberikan seouvenir berupa pin
bergambar logo CPC saat berkunjung sehingga benar-benar dapat menghilangkan
penat ketika menikmati hiding yang kami sediakan.
4. Desain cafe yang bernuansa lounge
CPC di
rancang dengan suasana yang nyaman dan relax bagi pengunjung. Karena pengunjung
dapat menikmati fasilitas yang telah disediakan.
b. Produk yang ditawarkan
Meskipun
menu utama yang ditawarkan adalah hidangan ringan pancake tetapi disediakan
juga berbagai hidangan lainnya.
· Menu Pancake
CPC
menawarkan berbagai jenis hidangan
ringan andalannya adalah saus aneka
buah-buahan, seperti blueberry, raspberry, stroberi, atau madu, disertai
potongan butter di puncaknya dengan topping pelengkap tambahan seperti ice cream datasnya. Semua hidangan
disajikan dengan bentuk dan tampilan yang manarik.
· Menu lain yang ditawarkan
Selain itu
pelanggan juga dapat memesan aneka hidangan lainnya seperti pasta, roti bakar,
serta aneka jus dengan buah-buahan yang segar dan menyehatkan.
1. Harga
Harga yang
ditawarkan oleh Café Pancake Ceria menjual harga standar dengan warung minuman
yang lainnya
Berikut
adalah daftar harganya :
o Pancake blueberry Rp. 18.000,.-
o Pancake caramel Rp;15.000,-
o Pancake durian Rp.18.000,-
o Pancake
cokelat Rp,15.000,-
o Pancake
Strowbery Rp.18.000,-
o Pancake Madu Rp.15.000,-
o Pancake raspberry Rp.18.000,-
o Pancake banana split Rp.20.000,-
o Pancake Penaple Rp.15.000,-
o Pancake kacang Rp.15.000,-
o Pasta spagety Rp.19.000,-
o Roti Bakar Rp.15.000,-
o Aneka juice Rp.6.000-8.000,-
o Lemon tea Rp.5.000,-
o Coffee Rp.5.000,-
Harga yang
diperkirakan sudah diukur dan relative murah dengan yang lain dan berusaha juga
untuk menkreasikan hal yang baru dengan mengkombinasikan bahan yang ada
sehingga muncul ide kreatif yang baru untuk menu yang disajikan.
2. Persediaan Barang dan Pemasaran
Strategi
pemasarannya ditunjukkan dengan memberikan edukasi dengan memberikan berbagai
kreasi hidangan untuk selanjutnya agar para pelanggan tidak cepat merasa bosan
, dengan meliputi hal-hal :
o Memberikan samper gratis agar konsumen dapat
mencoba “rasa hari ini”.
o Menerima kritik dan saran dari pelanggan
untuk kemajuan CPC
o Diadakan acara setiap weekend dengan
menampilkan band-band anak muda.
o Layanan karyawan : dengan melatih dan
mendidik karyawan melalui tekhnik yang sangat profesional dari mulai pengunjung
masuk, duduk, sampai meninggalkan tempat harus dengan pelayanan yang
benar-benar puas.
o Pelanggan dapat rilex dengan bersantai
dengan dilengkapi fasilitas internet / browsing.
3. Layanan Pelanggan
Untuk
meningkatkan kualitas layanan karyawan selain berpakaian rapi dan menarik serta
sopan, dengan dilengkapi atribut seperti topi dan aksesorisnya dan setiap
bebarapa bulan sekali peawai bersama-sama diajak gathering agar mereka makin
semangat untuk bekerja dengan baik.
4. Desain Gerai
Café pancake
ceria akan dirancang dengan konsep cozy,
relax, dan hangat. Cocok untuk berkumpul para keluarga, teman-teman, dan rekan
kerja. Dengan pembuatan konsep yang bekerja sama dengan arsitek desain
interior.
5. Lokasi dan pilihan wilayah
Pilihan lokasi
yang strategis adalah di pusat kota bogor dengan criteria dipinggiran jalan
raya sehingga lokasi mudah terjangkau.
6. Pasokan Barang dagangan
Bahan Baku
yaitu berbagai macam rempah seperti tepung terigu, baking powder, gula pasir,
garam,telur, susu cair,mentega leleh.
Serta
camilan kue tambahan
7. .Operasi gerai dan manajemen
Café akan
dioperasikan oleh satu manajer café yang akan bekerja penuh waktu dan dua
sampai empat orang pegawai pendukung yang bekerja paruh waktu.
Jam Operasi
gerai adalah pukul 06.30-21.00, setiap hari Senin-Minggu
III. PASAR
Perlu
dipahami segmen pasar yang akan dijadikan pasar sasaran CPC, perilaku konsumen
ke warung dan positioning yang akan digunakan oleh CPC
SEGMENTASI
PASAR
Dilihat dari
segmentasi pasar Indonesia secara umum maka potensi segmen yang dijadikan
sasaran Café Pancake Ceria adalah segmen The networking Pleasure seeker,
Confident Estabilish, The Change Expect Lad, The Savvy Canquer dan The
Spontaneous Fun Loving dengan kisaran masing-masing 20%.
PERILAKU
KONSUMEN KE CAFÉ PANCAKE CERIA
Perilaku
konsumen ke Café Pancake Ceria khususnya masyarakat kota Bogor dan sekitarnya
suka menikmati minuman dengan mengobrol , kumpul serta canda tawa ataupun
mengadakan arisan mingguan bagi para kaum wanita muda bahkan cocok untuk
dilakukannya acara meeting bagi pengusaha/ rekan kerja. Maka dari situlah
diambil kesempatan untuk membuat para konsumen betah dengan membuat fasilitas
yang semakin membuat mereka nyaman berlama-lama hingga lupa waktu di tempat
kami. Dibuat fasilitas semaksimal mungkin demi kepuasan pelanggan.
Mengobrol
atau sharing adalah kegiatan yang sehari-hari dapat dilihat di berbagai tempat
, apalagi orang-orang jarang meluangkan waktu dirumah untuk berkumpul bersama
teman , mereka cenderung pergi keluar dan mencari tempat yang nyaman dan fun
untuk bercerita , maka Café Pancake Ceria ini mencari peluang walaupun banyak
saingan tempat-tempat lain namun diberikan dan disajikan sesuatu yang berbeda
sehingga dapat membuat konsumen sangat nyaman , salah satunya dengan cara
menampilkan acara musik yang dilengkapi band-band muda zaman sekarang.
POSITIONING
Untuk
membuat rasa ingin tahu calon pelanggan , Café Pancake Ceria merancang strategi
positioning yang menarik
Misalnya
dengan menggunakan strategi positioningnya adalah :
“café manis
yang ceria”
“café
hidangan lezat …penghilang rasa stress dan kepenatan”
IV. PELANGGAN
Pasar
sasaran Café Pancake Ceria adalah Pegawai kantoran (semua pekerja), kalangan
pelajar (mahasiswa/ anak sekolah), ibu-ibu dan bapak-bapak dengan keluarga.
semua pekerja akan berlokasi di tempat
yang terjangkau dan banyak dikunjungi sebagaian besar kalangan masyarakat
karena letak lokasi dipinggir jalan raya.
V. PERSAINGAN
Persaingan
yang utama adalah berkaitan dengan kualitas pelayanan, lokasi tempat , produk ,
dan fasilitas penunjang lainnya, serta menu makanan yang disajikan.
semua
pekerja akan bersaing dengan cafe
lainnya seperti pizza kriuk, berger love, dan sebagainya.
VI. MANAJEMEN
Struktur
Manajemennya berkaitan dengan aspek-aspek :
a. Pelayanan
b. Aspek Hukum
c. Kualifikasi Karyawan
d. Pengetahuan dan Kreasi
e. Kepuasan Pelanggan
VII. PROYEKSI KEUANGAN
Modal
Terdiri dari
:
- Biaya sewa cafe (untuk 1 tahun) Rp. 16.000.000,-
- Biaya rancang
Rp. 22.000.000,-
interior
- Perlengkapan
Rp. 9.000.000,-
- Lain-lain
Rp. 4.000.000,- +
Rp. 51.000.000,-
PENJUALAN
Asumsi
penjulan tahap awal adalah rata-rata 150 orang setia hari berkunjung untuk 1
tahun pertama.
PRODUCT MIX
Asumsi untuk
pembelian produk pancake adalah 55% dan anekan makanan lainnya 45%.
GAJI
Manajemen
akan membayar gaji manajer café penuh Rp. 35.000.000,- per tahun. Karyawan
penuh waktu akan digaji sebesar Rp 800.000,- per bulan.
KINERJA
KEUANGAN
Kinerja
keuangan diproyeksikan sebagai berikut :
· Gross margin 60%
· Operating CF/Sales 25%
· Operating CF/Interest n 150%
· Operating CF/Investmen 30%
sumber : http://khalida-insani.blogspot.com/2011/07/proposal-rencana-bisnis-sederhana-cafe.html
0 komentar:
Posting Komentar